Button adalah salah satu type dari symbol. Button digunakan untuk membuat tombol di flash. Dengan dijadikannya suatu objek menjadi button maka selain objek tersebut menjadi tombol, objek tersebut juga dapat menggunakan beberapa fasilitas dari flash seperti animasi tween, masking, guide dan juga kita dapat memberikan actionscript pada objek tersebut. Di bawah ini akan dipelajari cara dasar membuat tombol. Melalui cara dasar ini dapat berkreasi untuk membuat tombol yang bagus dan menarik.
a. Buatlah sebuah flash document.
b. Buatlah sebuah lingkaran seperti gambar dibawah ini:
Gambar Lingkaran berwarna merah |
keyboard atau bisa juga melalui Modify > Convert to Symbol…
d. Pada kotak dialog yang muncul pilih Button sebagai Typenya seperti gambar dibawah ini
Gambar . Button sebagai Type |
e. Ubah Name pada kotak dialog tersebut jika diperlukan, kalau sudah selesai tekan OK
maka lingkaran yang anda buat tadi sudah berubah menjadi sebuah Symbol bertype Button.
f. Klik dua kali Button tadi atau klik kanan > Edit In Place maka akan masuk ke stage button.
g. Akan tampil jendela Timeline seperti gambar dibawah ini :
Gambar. Timeline |
Up : tampilan utama button
Over : tampilan button ketika kursor mouse berada diatas button
Down : tampilan button ketika kursor mouse menekan button
Hit : luas daerah aktif button
Gambar 121. Pengarah gambar
h. Pilih bagian Over, kemudian klik kanan > Insert Key Frame atau tekan F6 pada keyboard. Ubah warna lingkaran menjadi lebih muda
i. Pilih bagian Down, kemudian klik kanan > Insert Key Frame atau tekan F6 pada keyboard. Ubah warna lingkaran menjadi lebih tua
J. Jika ingin daerah aktif button menjadi lebih luas, pilih bagian Hit kemudian klik kanan > Insert Key Frame tekan F6 pada keyboard. Buatlah lingkaran yang ada menjadi lebih besar.
k. Kalau sudah selesai, klik tombol scene pada timeline atau bisa juga tekan
CTRL+E pada keyboard.
l. Terakhir test movie dengan menekan CTRL+ENTER.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar