Apa saja alat ukur tanah

 on Jumat, 13 Maret 2015  

Alat ukur tanah adalah semua alat ukur yang dapat dipergunakan untuk penyipat datar atau penyipat ruang di atas permukaan tanah (terrestris). Alat ukur tanah dapat dibedakan menjadi :
1) Alat ukur sederhana merupakan alat ukur tanah yang penggunaannya satu jenis alat hanya dapat mengukur satu macam ukuran, penggunaannya sesuai dengan fungsinya masing masing, misalnya pita ukur untuk mengukur jarak, kompas untuk mengukur arah/ sudut datar dan clinometer untuk mengukur kemiringan/ sudut vertical.



Kompas bekerja berdasarkan gaya medan magnet. Pada kompas selalu terdapat sebuah magnet sebagai komponen utamanya. Magnet tersebut biasanya berbentuk sebuah jarum penunjuk. Saat magnet penunjuk tersebut berada dalam keadaan bebas, maka akan mengarah ke utara-selatan magnet bumi. Inilah yang dijadikan dasar dalam pembuatan kompas dan alat navigasi berbasis medan magnet yang lain.

Klinometer adalah alat sederhana untuk mengukur sudut elevasi antara garis datar dan sebuah garis yang menghubungkan sebuah titik pada garis datar tersebut dengan titik puncak (ujung) sebuah objek. Aplikasinya digunakan untuk mengukur tinggi (panjang) suatu objek dengan memanfaatkan sudut elevasi. Dengan kata lain fungsi atau kegunaannya adalah untuk menentukan besar sudut elevasi dalam mengukur tinggi obyek secara tidak langsung.



Meteran disebut juga sebagai pita ukur atau tape atau bisa disebut juga sebagai rol meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur jarak atau panjang. Meteran juga berguna untuk mengukur sudut, membuat sudut siku-siku, dan juga dapat digunakan untuk membuat lingkaran.



Satuan yang digunakan dalam meteran adalah mm atau cm, feet atau inchi. Pita ukur atau meteran tersedia dalam ukuran panjang 10 meter, 15 meter, 30 meter sampai 50 meter. Pita ukur biasanya dibagi pada interval 5 mm atau 10 mm.

2) Alat ukur optik, adalah alat ukur tanah yang dilengkapi dengan optik dan merupakan suatu kesatuan/ unit alat yang dapat mengukur beberapa macam ukuran, misalnya untuk mendapatkan data jarak,

azimuth/ sudut horizontal dan kemiringan/ sudut vertikal cukup dengan hanya satu alat yaitu theodolit untuk penyipat ruang dan water pas untuk penyipat datar.
3) Alat ukur elektronik, adalah alat ukur tanah dengan menggunakan gelombang infra merah (GeAs-diode) yang tidak dapat dilihat. Gelombang ini melewati jarak yang diukur pulang pergi hampir sama dengan kecepatan cahaya, sebagian dari gelombang-gelombang yang diterima oleh suatu prisma reflector akan dikembalikan ke obyektif pesawat penerima dan difokuskan atas suatu foto diode. Pada meter getaran frekwensi diukur perbedaan getaran frekwensi antara gelombang yang dipancarkan dengan gelombang yang ditangkap oleh refleksi sasaran. Perbedaan ini menentukan jarak antara alat ukur tanah dan sasaran.

Penggunaan alat ukur tanah selalu disesuaikan dengan maksud dan tujuan suatu pengukuran. Pengukuran yang memerlukan ketelitian yang tinggi dengan yang tidak memerlukan ketelitian, maka jenis alat akan berbeda. Dalam bidang survey pemetaan dan pengukuran tanah telah banyak dibuat peralatan mengukur sudut, baik digunakan untuk mengukur sudut atau didesain untuk keperluan lain.
;
Apa saja alat ukur tanah 4.5 5 jengwati2 Jumat, 13 Maret 2015 Alat ukur tanah adalah semua alat ukur yang dapat dipergunakan untuk penyipat datar atau penyipat ruang di atas permukaan tanah (terrestris)...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.