Apa saja Macam-macam Mesin Jahit Industri?

 on Rabu, 11 Maret 2015  

Dalam pembuatan pakaian di industri pakaian jadi, konveksi maupun garmen, dewasa ini telah menggunakan mesin jahit yang mempunyai kecepatan tinggi atau mesin industri atau mesin jahit high speed. Berbagai mesin dengan berbagai spesifikasi dan fungsinya, sangat membantu pekerja dalam menyelesaikan/memproduksi pakaian jadi. Pada tahun 1980-an hingga 1990- an, belum banyak dijumpai jenis-jenis mesin khusus yang digunakan sebagai mesin pokok dalam industri pakaian, tetapi saat ini berbagai jenis-jenis mesin penjahitan dengan teknologi yang terbaru dan modern semakin melengkapi kebutuhan suatu desain pakaian. Pada awalnya, industri pakaian jadi, konveksi atau garmen hanya menggunakan mesin jahit biasa (mesin rumah tangga) atau mesin high speed dan mesin obras (over lock), maka kini mesin-mesin penjahitan yang digunakan sebagai tiang dalam industri konveksi maupun garmen bermacammacam jenisnya. Untuk itu, pada pembahasan kali ini akan kita perkenalkan  satu per satu jenis mesin yang biasa digunakan di industri pakaian jadi, konveksi ataupun garmen.
 
(1) Mesin Jahit Jarum 1 (High Speed, Single Nedle)
Mesin jahit dengan menggunakan satu jarum ini berfungsi untuk menghasilkan setikan lurus dengan satu lajur. Mesin high speed ini tidak digunakan untuk menjahit kain yang mulur (stretch), seperti kaos, misalnya tetapi digunakan untuk menjahit semua jenis pakaian dengan jenis kain tipis, sedang, dan tebal. Mesin ini mempunyai kecepatan 4000 sti/min atau antara 4000 - 5500 jpm. Tipe jarum yang digunakan adalah DB x 1 atau DB×1 #16~#23.

(2) Mesin Jahit Lockstitch dengan Pisau Pemotong Tepi (High Speed, 1
Needle, Lockstitch Machine with Edge Trimmer) Mesin jahit lockstitch dengan 1 jarum ini menghasilkan jahitan dengan tipe jeratan kunci (lockstitch). Dengan menggunakan jarum tunggal mesin ini sangat cocok dipakai untuk menjahit bahan yang mulur/stretch, seperti bahan kaos dan bahan mulur lainnya. Mesin ini digunakan untuk menjahit komponen sekaligus merapikan tepi dengan pisau pemotong pada mesin jahit. Mesin jahit lockstitch dapat digunakan untuk jahit kerah, kaki kerah, dan lain sebagainya. Mesin ini mempunyai kecepatan di atas 4500 jpm. Tipe jarum yang digunakan adalah DB x 1.

3) Mesin Jahit Jarum 2 (High Speed, 2 Needles, Lockstitch Machine)
Mesin dengan menggunakan 2 jarum ini menghasilkan setikan rangkap/2
lajur. Mesin ini digunakan untuk menjahit semua jenis kain dengan
kecepatan 2000 rpm atau di atas 3500 jpm. Tipe jarum yang digunakan
adalah DP x 5 atau berukuran 135×17 (Nm160) Nm125~Nm180.

(4) Mesin Jahit Lockstitch dengan Pemotong Benang Otomatis dan
Pendeteksi Tepi Kain (Lockstitch Machine with Automatic Thread Trimmer and Cloth Edge Detector) Mesin ini digunakan untuk menjahit komponen yang memerlukan ketelitian tinggi, seperti pada pasang kantong, jahit kerah, manset, dan lain sebagainya. Mesin ini mempunyai kecepatan kurang lebih 4000 jpm atau 3000 rpm. Tipe jarum yang digunakan adalah DB x 1 atau berukuran 134×35R (Nm140) m110~Nm160. Mesin ini juga mempunyai spesifikasi untuk mengatur program penyimpanan, program langkah, dan jumlah jeratan.

(5) Mesin Jahit Pasang Ban Pinggang (Lockstitch Waistband Sewing
Machine with Cloth Puller) Mesin ini digunakan untuk memasang ban pinggang pada celana, seperti jeans, celana santai, dan lain sebagainya. Mesin ini memiliki jumlah jarum yaitu 2 dan 4 jarum. Mesin ini memiliki kecepatan kurang lebih 5000 rpm. Tipe jarum yang digunakan adalah DV×57 atau yang berukuran (#21) #18~#25

(6) Mesin Bordir (Embroidery Sewing Machine)
Mesin ini digunakan jahitan bordir untuk label atau emblem atau ornamen pada sebuah pakaian. Mesin ini mampu membuat jahitan bordir dengan ukuran yang bermacam-macam. Mesin bordir memiliki kecepatan kurang lebih 2800 sti/min. Tipe jarum yang digunakan adalah DP x 5 dan DP x 17.

;
Apa saja Macam-macam Mesin Jahit Industri? 4.5 5 jengwati2 Rabu, 11 Maret 2015 Dalam pembuatan pakaian di industri pakaian jadi, konveksi maupun garmen, dewasa ini telah menggunakan mesin jahit yang mempunyai kecepatan...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.